Megalitikum Gunung Padang

· Uncategorized
Penulis

Situs Gunungpadang merupakan peninggalan kebudayaan kuno masa Megalitikum di Jawa Barat. Luas kompleks bangunannya sekitar 900 meter persegi, dengan berada di ketinggian 885 meter diatas permukaan laut (dpl) dengan areal situsnya sekitar 3 hektar sehingga karenanya membuat situs ini merupakan kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

Keberadan situs kuno ini pertama kali dilaporkan sekitar tahun 1914 yang dimuat laporannya pada Buletin Dinas Kepurbakalaan. Fungsi dari situs ini diperkirakan sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat yang bermukim disana yang terjadi sekitar 2000 tahun SM. Hasil penelitian yang menujukkan adanya pelibatan musik dari beberapa batu megalit yang ada. Selain Gunungpadang, terdapat beberapa tapak lain di Cianjur yang merupakan peninggalan periode megalitikum.

Lokasi situs ini sangat curam dan lumayan sulit dijangkau. Meski demikian, di sekitar kompleks situs ini dikelilingi oleh pemandangan berbukit dan jejeran batu andesit yang besar. Lembah-lembah yang dalam juga ikut mengelilingi situs ini seolah-olah ikut andil dalam menjaga eksistensi situs dari jangkauan tangan manusia. Bahkan warga sekitar, menganggap bahwa tempat keberadaan situs ini begitu keramat karena dianggap merupakan istananya Raja Sunda, Prabu Siliwangi.

Bentuk bangunan punden berundaknya mencerminkan tradisi megalitik (mega berarti besar dan lithos artinya batu) seperti banyak dijumpai di beberapa daerah di Jawa Barat. Punden berundak Gunung Padang, dibangun dengan batuan vulkanik masif yang berbentuk persegi panjang. Bangunannya terdiri dari lima teras dengan ukuran berbeda-beda. Batu-batu itu sama sekali belum mengalami sentuhan tangan manusia dalam arti, belum dikerjakan atau dibentuk oleh tangan manusia.

Lokasi

Situs Gunungpadang berada di prebatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat – Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: